iklan

Kamis, 25 Agustus 2011

Fashion and Me

Soal fashion sempet selama beberapa lama menjadi bahan diskusi yang seru antara para instruktur Hitman System. Kita mencoba breakdown kenapa banyak cowok yang clueless and gak aware sama pentingnya fashion padahal itu bisa cukup mempengaruhi keberhasilan mereka dalam urusan ngedeketin cewek. Kalo gak super tajir en fashionable or gay, rasanya jarang banget ada cowok yang beneran ngerti soal fashion.
Paling tidak ada 2 faktor penyebab ketidakpedulian cowok terhadap fashion yang udah kita breakdown;
(1) Keluarga yang tidak fashionable. At least dari pengalaman gue sendiri, bonyok gue gak pernah terlalu peduli soal fashion, bokap gue justru malah lebih suka pake baju yang udah tua en belel, alesannya: nyaman dipakenya. En dari kecil sampe gue remaja, urusan beli baju selalu nyokap yang urus. Gue gak gitu peduli apa yang dibeli nyokap, cuma tinggal pake aja. Di satu sisi bagus seh, gue jadi gak terlalu pusingin penampilan dan juga gak ngejudge orang dari penampilan. Tapi di sisi laen, gue yang dulu cupu abis.

(2) Idealisme. Cowok biasanya suka punya idealisme-idealisme sendiri supaya bikin dia ngerasa punya pendirian. Dari dulu gue selalu percaya bahwa kualitas seseorang dinilai dari karakter dan kepribadiannya, bukan dari penampilannya dan seberapa bagus baju yang ia pakai. Jadi gue pengen orang laen untuk menilai gue bukan dari pakaian gue, so dulu gue agak-agak anti untuk pake baju keren. Gue ngerasa itu bukan gue. Dan gue pengen orang laen (khususnya cewek) untuk terima diri gue apa adanya. Tapi kenyataannya gue sendiri pengen dapetin cewek yang modis en fashionable.
Ketika gue belajar bahwa salah satu usaha yang HARUS dilakukan untuk menjadi cowok yang glossy en menarik adalah merubah penampilan, gue agak-agak antipati. Dan ini banyak terjadi sama peserta-peserta HSEW/Seminar.
Meskipun dalam setiap HSEW/Seminar kita selalu adain Fashion Panel, di mana beberapa cewek yang khusus kita undang untuk kasih kritik habis-habisan dan solusi ke para peserta, tapi hanya sedikit saja diantara mereka yang beneran make over fashionnya. Beberapa tetep sama aja kumel dan mismatchnya.
Mereka gak ngerti (atau gak mao ngerti) bahwa looks does matter! Bagaimana mungkin loe bisa mengharapkan dapetin cewek yang modis kalo loe sendiri bahkan gak pernah peduli baju apa yang loe pake. It’s just absurd.
Ketika gue mulai coba-coba ganti penampilan, emang berasa aneh seh. Gak nyaman. But I liked the man I see in the mirror. Gue masih inget satu kali gue, Lex and Piper niat shopping buat pergi ke wedding seorang temen, gue liat satu baju yang sekilas gue pikir gue gak suka. But when I tried it on, damn I looked so good! Mana ada cewek yang gak mao sama gue kalo udah begini, itu yang ada dipikiran gue saat itu. And when you believe in something, it becomes a reality for you.
My girlfriend is my PFC (Personal Fashion Consultant). Dia tipe cewek yang selalu ngikutin perkembangan mode. Tipe cewek yang setiap beberapa minggu sekali pergi ke toko-toko baju buat ngecek ada barang baru ato gak. Every now and then, kalo lagi shopping atau ngeliat orang laen yang fashionnya mentereng, dia selalu komentar macem-macem en sering gue jadi terlibat diskusi soal fashion sama dia.
Sebagai ex lossy yang dulunya gak ngerti sama sekali soal fashion, gak jarang gue dapetin informasi yang bener-bener baru en sama sekali belum pernah gue tau. Mulai dari nama-namanya; camisole (yang biasa gue bilang U-Can-See), tunic, A-line, celana capri (yang selama ini gue taunya celana 3/4), mermaid skirt, bell-bottom; cult brands yang selalu ngeluarin barang limited; sampe ke rules, history and the philosophy of fashion. Salah satunya: gue baru tau kalo ternyata jeans dan hak tinggi itu gak boleh dikombinasiin bareng. It’s really interesting. It’s like a whole new world to me.

http://www.hitmansystem.com/blog/fashion-and-me-30.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar